Custom Search

Selasa, 24 Februari 2009

Valentine's day


Setiap tanggal 14 februari merupakan hari yang sangat di tunggu, tentunya bagi kalangan muda-mudi di seluruh dunia. Why? Tentu jawabnya adalah hal itu hari di mana seseorang menyatakan kasih sayangnya, sehingga disebut hari kasih sayang atau nama kerennya valentin day. Tiap kali hari itu datang, banyak persiapan. Seperti bunga mawar, coklat, dan makan malam dengan seseorang.Semuanya pasti tahu.
Bukankah untuk mengungkapkan rasa sayang terhadap kakak, adik, saudara, ayah dan ibu, pacar tidak perlu harus menggu tanggal 14 februari, dan tidak harus mengeluarkan biaya besar untuk itu.
pertanyaannya sekarang apakah mereka tahu asal muasal hari valentine itu?

Banyak pendapat mengenai hari valentine ini.
Beberapa ahli mengatakan asal mula hari valentine itu berkaitan dengan st.Valentine. Ia adalah seorang pria roma yang menolak melepaskan agama kristen yang diyakininya. Ia meninggal pada 14 februari 269 masehi, bertepatan dengan hari yang yang dipilih sebagai pelaksanaan "undian cinta"

di sisi lain sebuah cerita mengatakan bahwa saint valentine adalah seorang pria yang membaktikan hidupnya untuk melayani tuhan disebuah kuil pda masa pemerintahan kaisar claudius. Ia dipenjarakan atas kelancangannya membantah titah sang kaisar. Baru pada tahun 496 masehi pendeta gelasius menetapkan 14 februari sebagai hari penghormatan bagi valentine.

St.Valentine
hari valentine tercipta pada zaman kerajaan romawi. Menurut adat romawi, 14 februari adalah hari untuk menghormati juno. Ia adalah ratu para dewa dewi romawi, rakyat romawi juga menyebutnya sebagai dewi pernikahan.
Di hari berikutnya 15 februari dimulai perayaan "feast of lupercalia" pada masa itu, kehidupan tidak seperti sekarang ini, para gadis dilarang berhubungan dengan pria. Pada malam menjelang festival lupercia, nama para gadis di tulis selembar kertas kemudian dimasukkan kedalam gelas kaca, nantinya para pria harus mengambil salah satu kertas yang berisikan nama seorang gadis yang akan menjadi teman kencan. Tak jarang pasangan ini akhirnya saling jatuh cinta.

Dibawah pemerintahan kaisar claudius II, Romawi terlibat dalam peperangan. Claudius yang di juluki kaisar kejam kesulitan merekrut pemuda untuk memperkuat armada perangnya. Ia yakin bahwa para pria Romawi enggan masuk tentara karena berat meninggalkan keluarganya dan kekasihnya. Ia memerintahkan untuk membatalkan setiap pernikahan dan pertunangan diantara kalangan remaja. Saint valentine yang saat itu menjadi pendeta terkenal di Romawi menolak perintah itu.

Ia bersama saint marius secara sembunyi-sembunyi menikahkan para pasangan yang sedang jatuh cinta. Namun aksi mereka diketahui sang kaisar yang segera memerintahkan pengawalnya untuk menyeret dan memanggil pendeta baik hati itu. Ia meninggal tepat pada hari keempat belas di bulan februari pada tahun 270 masehi. Saat itu rakyat romawi telah mengenal februari sebagai festival lupercalia, tradisi untuk memuja para dewa. Dalam tradisi ini para pria diperbolehkan memilih gadis untuk pasangan sehari. Dan karena lupercalia mulai pada pertengahan bulan februari. Para pastor memilih nama hari santo valentinus untuk menggantikan nama perayaan itu. Sejak itulah para pria memilih gadis yang diinginkannya bertepatan pada hari valentine.

1 Comment:

  1. Anonim said...
    Your blog keeps getting better and better! Your older articles are not as good as newer ones you have a lot more creativity and originality now keep it up!

Post a Comment



 



Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com